Search This Blog

Zig Zag Zuki

 Penulis : Arizuna Zukirama

Jalan hidup gue emang cukup keras dan panjang, mungkin dulu pas brojol yang jadi dukun bayinya Mak Errot. Keras di sini maksudnya, waktu di Aceh rumah gue berada di zona perang. Trus waktu pertama kali pindah ke Pekanbaru, kondisi keuangan keluarga gue benar-benar krisis parah, bahkan gue sempat putus sekolah.

Dan panjang yang gue maksud adalah, gue lahir di Aceh, besar di Pekanbaru, udah gitu gue pernah mengembara naik elang nyari kesaktian ke Sumatera Barat, Sumatera Utara, Lampung, tanah Jawa, paling jauh ke pulau Borneo; Banjarmasin dan Tabalong. Semoga ga berhenti sampai di situ, ntar gue pengen nikah di Paris trus bulan madu di Bali.. :)

Sementara, Ayah dan Ibu gue adalah orang Blitar asli 24 karat! Jadi dalam diri gue ini kental darahnya Jawanya, kadang kalo mimisan yang keluar wayang sama kuda lumping.

Gue pulang ke Jawa beberapa tahun silam, turun di bandara Bongorasih, Surabaya. Eh itu bandara atau terminal sih? Gue lupa soalnya waktu itu naik bis, bukan naik elang.

Surabaya ternyata sudah maju juga sama kayak Pekanbaru. Jalan-jalannya udah di aspal, listrik udah masuk, sinyal telepon penuh dan yang paling keren, di sana anak-anak kecil aja udah pinter bahasa Jawa! Luar biasa! Sukses terus ya kota Pahlawan!

Di Surabaya gue nginep di rumah sodara sepupu, di jalan Kalibokor ga jauh dari pasar kalo ga salah nama pasarnya pasar Pucang gitu. Pasarnya rame, kalo malam gue sering gaul di sana, nongkrong sekalian nyari dompet jatuh.

Plaza Tunjungan, yang biasanya cuma gue dengar di lagu Rek Ayo Rek akhirnya bisa gue injak langsung. Patung buaya sama ikan hiu lagi berantem, yang sebelum-sebelum
­nya cuma bisa gue lihat melalui J-TV, hari itu bisa gue lihat secara live. Gue juga sempat nonton acara musik di Taman Wungkul atau Bungkul gitu gue lupa-lupa ingat. Jembatan Suramadu juga sempat gue lihat, dari kejauhan tapi. Pengen juga ke Dolly, tapi takut ga bisa pulang :p

Seneng pokoknya di Surabaya, apalagi makanannya, enak-enak dan murah. Semangkok bakso yang harganya cuma 5000 rupiah, isinya udah banyak dan baksonya besar segede tinju Doraemon. Coba di Pekanbaru, udah 15.000 tuh, mahalnya tiga kali lipat! Makanya gue di Pekanbaru ini, kalo pengen makan bakso, suka ke Surabaya dulu, murah sih di sana.
 
 
Artikel ini nemu dari facebook