Search This Blog

Haah... Inilah Alasan Google Enggan Bangun Server di Indonesia


Ini Alasan Google Enggan Bangun Server di Indonesia

Setahun sudah Google masuk ke Indonesia. Namun perusahaan raksasa teknologi itu masih juga belum memperlihatkan gelagat akan membuat server di Tanah Air.
"Google sampai saat ini berpikir tidak akan membangun server di sini," ungkap Krishna Zulkarnain, Country Marketing Manager Google Indonesia ketika dikonfirmasi mengenai pembangunan server di Indonesia.

Krishna juga mengemukakan beberapa alasannya tidak membangun server di Indonesia dalam diskusi yang dihadiri Liputan6.com, Rabu (23/1/2013) di sela acara Think 2013 With Google yang berlangsung di Ballroom Ritz Carlton, Jakarta.
Pertama, tidak ada jaminan keamanan dari bencana. "Banjir dan gempa rawan terjadi di Indonesia ini bisa beresiko untuk server," katanya.
Kedua, infrastruktur di Nusantara yang masih belum memadai. Pasokan daya besar dan tetap dibutuhkan ketika membuka server di suatu tempat.
"Indonesia listriknya saja masih byar pet, kalau mati lampu berkepanjangan bagaimana nasib layanannya?" jelas Krishna lagi.
Aturan pemerintah yang berubah-ubah juga jadi alasan keengganan Google buka server di Indonesia. Sayangnya, Krishna enggan menyebutkan alasan lain yang disebut penguat niat Google untuk tidak membangun server di Indonesia.