Search This Blog

9 Cara Hebat Untuk Meningkatkan Kapasitas Memory Otak Anda

Pikun, Alzheimer, atau demensia adalah penyakit yang mengancam manusia di usia tua. Jika Anda tidak ingin mengalaminya, cobalah untuk selalu meningkatkan kualitas memori. Caranya? Simak tips seperti yang dilansir dari Health berikut ini.

Mengubah bentuk huruf Saat membaca pada layar komputer, cobalah mengubah bentuk huruf dengan cara mengganti font, membuatnya menjadi miring, atau memperkecil tampilan. Trik ini mampu membuat otak bekerja sedikit lebih keras karena tidak terbiasa dengan jenis huruf yang biasa Anda baca.


Belajar hal baru
Entah itu bahasa atau kelas memasak, jangan ragu untuk mempelajari hal yang baru. Atau Anda juga bisa mengambil kelas menari. Selain menyehatkan bagi otak, belajar menari ternyata juga merupakan salah satu trik mudah untuk meningkatkan kualitas memori.

Menukar tangan
Apa tangan dominan yang Anda gunakan untuk beraktivitas? Mulai sekarang, cobalah untuk menukarnya dan melatih tangan yang lain. Meskipun kelihatannya sepele, namun ternyata melatih tangan non-dominan mampu merangsang saraf tertentu pada otak.

Istirahat saat belajar
Sebuah penelitian menyebutkan belajar dalam waktu singkat namun sering lebih efektif meningkatkan kualitas memori otak daripada merapelnya dalam satu waktu sekaligus. Jadi jangan praktikkan sistem belajar kebut semalam saat akan menghadapi ujian karena kebiasaan itu buruk bagi memori.

Menulis
Teknologi memang semakin membuat orang jarang menulis dan memilih untuk mengetik melalui gadget canggihnya. Padahal menulis juga termasuk trik mudah tingkatkan kualitas memori. Jadi cobalah untuk rajin menulis surat dan mulai kembali aktivitas bersahabat pena dengan seseorang.

Bermain game
Game sederhana seperti Tetris di komputer adalah cara lain agar kualitas memori tetap terjaga dengan baik. Sebab game tersebut membutuhkan kemampuan manipulasi dan perencanaan dalam menyusul suatu hal secara beruntun.

Anagram
Anagram adalah jenis permainan kata yang biasanya diacak untuk membentuk kata yang lain. Permainan anagram ini bisa ditemukan pada scrabble dan bisa Anda mainkan demi meningkatkan kualitas memori.

Meditasi
Mudah, murah, dan bisa dilakukan di mana saja, itulah meditasi. Lakukan trik yang satu ini jika Anda ingin meningkatkan kualitas memori sekaligus menenangkan jiwa dari pikiran yang mengganggu.

Membaca keras
Terakhir, coba baca koran atau majalah dengan suara keras untuk merangsang bagian otak dan meningkatkan kualitas memori. Pada awalnya memang terdengar lucu, namun jika manfaatnya baik bagi kesehatan, kenapa tidak?
Itulah berbagai trik mudah untuk meningkatkan kualitas memori. Ayo mulai lakukan dari sekarang!